PENGARUH PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DASAR MAHASISWA POLITEKNIK AMAMAPARE TIMIKA
DOI:
https://doi.org/10.55334/sostek.v1i1.286Keywords:
Pembelajaran Online, Hasil Belajar, Matematika DasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pembelajaran daring pada mata kuliah matematika dasar di Politeknik Amamapare Timika; (2) hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar di Politeknik Amamapare Timika; (3) pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar di Politeknik Amamapare Timika. Penelitian ini menggunakan penelitian exposfacto. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 51 mahasiswa. Teknik pengambilan data pada variabel pembelajaran daring menggunakan angket melalui google form, sedangkan variabel hasil belajar mahasiswa diperoleh dari nilai mahasiswa pada ujian akhir semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji linearitas), analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) kategori variabel pembelajaran daring mahasiswa di Politeknik Amamapare Timika berada pada kategori “Tinggi” sebanyak 24 mahasiswa dengan presentase 47,06%; 2) kategori variabel hasil belajar matematika dasar mahasiswa di Politeknik Amamapare Timika berada pada kategori “Tinggi” sebanyak 22 mahasiswa dengan presentase 43,14%; 3) ada pengaruh positif signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika dasar mahasiswa di Politeknik Amamapare Timika sebanyak 23,5 %.
Downloads
References
Darmadi, H. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Firman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Science, 2(2):81-89.
Loviana, S., et al. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung. Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1):61-70.
Putria, H. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(4):861-872.
Suci Yuniarti. 2021. Hasil Belajar Mahasiswa Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 di Prodi Pendidikan Matematika. Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(2):73-81.
Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florae, 2(1):29-35.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ersi Cresli, Sakramen Dominggus Demmanggai, PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN KAMPUS POLITEKNIK AMAMAPARE TIMIKA TAHUN 2022 , Jurnal Sosial dan Teknologi Terapan AMATA: Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022
- ersi cresli, Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Semester Dua (II) Politeknik Amamapare Tahun Ajaran 2022/2023 , Jurnal Sosial dan Teknologi Terapan AMATA: Vol. 2 No. 2 (2023): September 2023